Slameto
(2003: 54) mengatakan bahwa dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern terdiri dari tiga bagian, yaitu : faktor jasmaniah (faktor kesehatan dan cacat tubuh), faktor psikologis (intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan dan kesiapan) dan faktor kelelahan. Faktor ekstern terdiri dari tiga bagian yaitu faktor keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, latar belakang kebudayaan), faktor sekolah (metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa,
relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah,
standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas
rumah dan faktor masyarakat (kegiatan dalam masyarakat, mass media, teman
bermain, bentuk kehidupan bermasyarakat).
Kemudian menurut Suryabrata (2002: 233) faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor-faktor yang berasal dari dalam diri dan luar diri. Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri yaitu faktor non sosial dalam belajar yang meliputi keadaan udara, suhu udara, cuaca, waktu, tempat dan alat-alat yang dipakai
untuk belajar(alat tulis, alat peraga) dan faktor sosial dalam belajar. Sedangkan faktor-faktor yang berasal dari luar diri, yaitu faktor fisiologi dalam belajar yang terdiri dari keadaan jasmani pada umumnya dan keadaan fungsi jasmani
tertentu dan faktor psikologi dalam belajar yang dapat mendorong aktivitas belajar seseorang karena aktivitas dipacu dari
dalam diri, seperti adanya perhatian, minat, rasa ingin tahu, fantasi,
perasaan, dan ingatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar